YASAP KUPANG

Panti Asuhan CERIA di Kupang, West Timor

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

T K

Print

Kelompok kerja guru TK

 

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak usia dini, maka telah dibentuk kelompok kerja guru berdasarkan wilayah geografis yang beranggotakan sekolah-sekolah TK yang berdekatan. TK Kristen Ceria merupakan anggota kelompok kerja guru di gugus I kecamatan kupang tengah tang beranggotakan 6 sekolah. Kelompok ini merupakan wadah sharing pengetahuan dan administrasi sekolah dan proses belajar mengajar di antara sekolah - sekolah yang ada. Kegiatan kelompok ini berupa pertemuan rutin dua kali dalam sebulan, kegiatan bersama dalam memperingati hari besar pendidikan dan nasional. 

 

     

           

TK Kristen Ceria

Harapan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar akan pendidikan, secara khusus lembaga pendidikan anak usia dini, masih belum mampu dipenuhi oleh pemerintah, hal ini terbukti dengan jumlah anak usia sekolah yang belum bisa ditampung di lembaga pendidikan yang ada. Secara umum di Desa Noelbaki baru memiliki empat lembaga pendidikan TK swasta dengan jumlah kelompok belajar terbatas dan biaya pendidikan yang cukup mahal. Melihat realitas ini, maka YASAP membuka lembaga pendidikan anak usia dini yang diberi nama TK Kristen Ceria. Kehadiran TK Kristen Ceria mendapat respon positif dari pemerintah Desa dan masyarakat, hal ini dibuktikan dengan minat masyarakat yang tinggi untuk mendaftarkan anaknya. Dengan motivasi untuk membantu masyarakat, maka TK Kristen Ceria memberikan biaya pendidikan yang sangat murah, atau dengan kata lain, TK Kristen Ceria hanya memungut uang sekolah sebesar Rp. 10.000,- per bulan dan tidak ada pungutan lainnya. Sejak bulan Januari 2002 dengan jumlah murid yang telah diterima sebanyak 172 orang, tahun 2008 merupakan angkatan yang ke tujuh, yang didukung oleh empat orang tenaga pengajar, terdiri dari dua tenaga tetap dan dua tenaga yang diperbantukan. Dua tenaga ini merupakan satf divisi pemberdayaan yang melakukan tugas rangkap. Dengan dukungan dan bantuan dari YASAP belanda, saat ini YASAP kupang terus melakukan pembenahan baik aspek teknis berupa penyediaan sarana dan pra sarana dan aspek administrasi untuk menjadikan TK Ceria sebagai sekolah contoh bagi TK-TK yang ada di kecamatan Kupang Tengah.Saat ini, TK Kristen Ceria telah memiliki ruang belajar sendiri, yang terdiri dari dua ruang belajar, satu ruang kantor. Selain itu juga memiliki alat permainan luar ruangan seperti jungkitan dan ayunan. Dengan memiliki ruang belajar sendiri membuat sekolah semakin berekspresi dalam mengembangkan metode belajar bagi siswa. Dari empat TK yang ada TK kristen Ceria mendapat akreditasi B, ini merupakan penilaian yang dilakukan oleh Dinas pendidikan nasional kecamatan kupang tengah. Ini berarti bahwa TK Kristen Ceria sudah mendapat penilaian yang baik, namun harus lagi dibenahi dari berbagai segi untuk mempertahankan prestasi yang ada, bahkan ditingkatkan diamasa yang akan datang. Penilaian ini dilakukan setiap tahun. Adapun data siswa per  31 Desember 2008, sebagai berikut: 

TahunJumlah yang diterimaJumlah tamatan
LPJumlahLPJumlah
Januari 2002111728-22
2002/20031216285914
2003/2004131629101727
2004/2005913228614
2005/2006119209817
2006/20079162561218
2007/20081192010919
2008/2009121628---
Jumlah881122004863111

(Sumber : Data base TK Ceria)

TK Kristen Ceria Menambah jam belajar di sekolah 

Memasuki semester dua tahun ajaran 2008/2009, TK Kristen Ceria menambah jam belajar sebanyak satu jam. Biasanya sekolah berakhir pukul 10.00 pagi kini menjadi pukul 11.00 siang. Keputusan ini dibuat sebagai bentuk untuk mempersiapkan mutu lulusan sekolah. Penambahan jam belajar ini hanya berlaku untuk anak yang dari segi usia sudah harus memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yakni pendidikan sekolah dasar ( SD ).Materi pelajaran tambahan yang diberikan berupa pengenalan secara mendalam akan angka dan abjad. Peserta yang mengikuti belajar tambahan ini berjumlah 20 anak.

”Penambahan jam belajar ini telah kami lakukan sejak awal, walaupun tidak ada dalam kurikulum pendidikan TK, Sehingga tidak dilakukan oleh TK – TK yang lain. Ini menjadi kebijakan internal sekolah” Kata Mira Kaseh sebagai kepala sekolah TK Kristen Ceria. Lebih lanjut Ibu kepala sekolah menjelaskan bahwa ”Hal ini kami lakukan untuk meningkatkan mutu lulusan TK Kristen Ceria”.  Sebelum kebijakan ini diambil, pihak sekolah telah melakukan pertemuan dengan pihak orang tua anak, sehingga pihak orang tua juga mendudkung sepenuhnya kebijakan sekolah ini. Dengan demikian, maka setiap anak diharuskan untuk membawa makanan sendiri sehingga mereka tidak merasa lapar dan siap untuk melanjutkan jam belajar mereka.

 

 



  E-mail 

Anak Panti Ceria